Lagu Selamat Hari Lebaran Tahun 50-an


Download lagu selamat hari lebaran ismail marzuki

Pernah dengar lagu Selamat Hari Lebaran bukan ? Yang liriknya "Selamat hari lebaran, minal aidin wal faizin, mari bersalam-salaman sambil ber,aaf-maafan...." Yah, lagu itu cukup lekat dengan telinga muslim Indonesia hampir setiap lebaran didendangkan. Tahukah anda kalau lagu tersebut merupakan salah satu lagu ciptaan Ismail Marzuki pada tahun 1950-an? Ternyata lagu itu tak lekang oleh zaman, telah beberapa kali di daur ulang.

Beberapa hari lalu saya download lagu tersebut dan saya upload di SoundCloud, jika timing tepat bolehlah diperdengarkan sembari makan opor ayam dan kupat, tentu 'setelah berpuasa satu bulan lamanya...' ;-)

Jangan ditanya kualitas rekamannya, tentu Anda sudah bisa mengira-ngira bagaimana kualitas recording tahun 50-an. Tapi jangan khawatir, cukup jelas kok suara nada dan lirik yang dinyanyikan.

Satu hal yang menarik hati saya adalah lirik lengkap lagu ini - meski jarang didendangkan lengkap, ternyata cukup jenaka dengan dibumbui nada kritik sosial. Ismail Marzuki, seniman Betawi asli, memperlihatkan kelihaiannya menulis lirik yang tajam dan kritis, namun jenaka,  dalam memandang fenomena sosial


Bagaimana? Sesuatu bukan? Bisa bayangin suasana suka cita rakyat Indonesia saat lagu itu hits di tahun 50-an?

"Selamat para pemimpin, rakyatnya makmur terjamin..........!! "

Belum ada Komentar untuk "Lagu Selamat Hari Lebaran Tahun 50-an"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel