#AgeChallange FaceApp ; Paranoid Senat & Spionase Rusia

Pengembang software Joshua Nozzi memperingatkan bahwa FaceApp bisa mengunggah foto tanpa sepengetahuan klien. Senator Amerika Serikat Chuck Schumer menuding FaceApp sebagai salah satu peranti spionase yang diluncurkan Rusia.
Foto dari Twitter Mardhani Ali Sera | Suara.com 18 Juli 2019
Baru-baru ini aplikasi FaceApp mendadak viral dengan tantangan #AgeChallange -nya bagi pengguna smartphone. Sejak kemarin beranda kedua akun facebook saya dipenuhi dengan gambar profil wajah yang dipertua. Beberapa teman juga memamerkan wajah versi tua mereka di status dan group WhatsApp.

FaceApp merupakan aplikasi yang bisa merubah photo wajah menggunakan berbagai efek, salah satunya adalah “penua wajah” yang kini lagi booming. Sebenarnya aplikasi ini sudah viral sejak tahun 2017, dengan lebih dari 80 juta pengguna aktif.

Namun beberapa pemerhati teknologi informasi mengingatkan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi FaceApp tersebut. Pengembang software Joshua Nozzi memperingatkan bahwa FaceApp bisa mengunggah foto tanpa sepengetahuan klien.

Menurut kolumnis The Guardian Arwa Mahdawi, FaceApp menggunakan kebijakan privasi yang serupa dengan aplikasi lain di sistem Android. Tentu, mereka memberikan syarat bahwa foto yang diunggah bisa digunakan perusahaan sesuka hati. "Meski Anda tak menggunakan FaceApp, tetap ada kemungkinan data Anda disalahgunakan di tempat lain," ungkapnya.

Kemungkinan itu sebenarnya sudah tertulis dalam bagian persetujuan dan ketentuan pemakaian dari aplikasi FaceApp yang biasanya memang jarang dibaca karena kebanyakan pengguna cenderung buru-buru menekan tombol agree.

FaceApp mengatakan, "Anda memiliki semua hak konten. Selanjutnya FaceApp tidak mengklaim kepemilikan atas konten pengguna yang diposting melalui layanan".

Kalimat diatas memang seolah-olah terdengar melindungi konten-konten milik pengguna. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kalimat "Kecuali untuk lisensi yang Anda berikan di bawah ini" yang tertulis pada awal ketentuan. Pada bagian selanjutnya, FaceApp menjelaskan :

" Anda memberi FaceApp lisensi yang berlaku selamanya, tidak dapat dibatalkan, tidak eksklusif, bebas royalti, dibayar penuh, untuk mereproduksi, memodifikasi, mengadaptasi, memublikasikan, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, memajang karya di hadapan publik, dan menampilkan konten milik Anda dengan nama, nama pengguna, atau bentuk apa pun yang diberikan dalam semua format dan saluran media, tanpa kompensasi kepada Anda____"

" Dengan menggunakan layanan ini, Anda setuju bahwa konten milik pengguna dapat digunakan untuk tujuan komersial. Anda selanjutnya mengakui bahwa penggunaan konten untuk tujuan komersial FaceApp tidak akan mencederai Anda atau orang yang Anda beri wewenang untuk bertindak atas namanya____"


Dengan demikian, menekan tombol aggree artinya pengguna FaceApp akan sepenuhnya menyerahkan hak atas foto yang dihasilkan lewat aplikasi tersebut ke pihak pengembang.

...

Berita miring juga menyebut foto dari FaceApp bakal dikirim ke Rusia dan aplikasi ini dituding menjadi mata-mata. Senator Amerika Serikat Chuck Schumer menuding FaceApp sebagai salah satu peranti spionase yang diluncurkan Rusia. Dia bahkan minta FBI menyelidiki peranti lunak untuk telepon cerdas itu. Alasannya, pengembang FaceApp adalah perusahaan dari Skolkovo, Rusia.

...

Menampik berbagai tidingan miring, Yaroslav Goncharov, CEO FaceApp mengatakan bahwa FaceApp tidak menyalahgunakan foto pengguna yang diunggah ke aplikasinya. Ia menegaskan foto-foto tersebut tidak digunakan untuk tujuan lain, apalagi diberikan kepada pihak ketiga. Goncharov mengatakan kepada Washington Post bahwa sebagian besar foto pengguna akan secara otomatis dihapus oleh server mereka dalam waktu 48 jam. Selain itu, dia menegaskan pemerintah Rusia tidak memiliki akses untuk mencuri data.

Masih menggunakan FaceApp ?

Sumber :
https://tekno.kompas.com/read/2019/07/18/11090057/bahaya-tersembunyi-di-balik-agechallenge-aplikasi-wajah-tua-faceapp. 

https://www.suara.com/tekno/2019/07/18/162631/dituding-aplikasi-mata-mata-rusia-ini-kata-bos-faceapp-yaroslav-goncharov 
https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20190718163533-185-413331/disebut-berbahaya-aplikasi-wajah-tua-faceapp-angkat-suara 
https://www.jpnn.com/news/senat-as-tuding-faceapp-alat-mata-mata-rusia?page=1

Belum ada Komentar untuk "#AgeChallange FaceApp ; Paranoid Senat & Spionase Rusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel