Tanpa Aplikasi, Menua Itu Pasti - Semoga Kita Tidak Merugi

Suatu saat nanti -- tanpa aplikasi, foto profil kita di media sosial benar-benar menjadi tua. Bila wajah kita sudah sungguh-sungguh menua tanpa aplikasi, cobalah sign out dari sosial media dan perhatikan lini waktu kehidupan kita...

Booming aplikasi FaceApp membuat halaman facebook dan twitter menjadi media sosial dipenuhi wajah para lanjut usia. Mulai dari orang biasa, artis dan politisi menjajal aplikasi besutan pengembang Rusia ini. Lalu tiba-tiba semua temanku menjadi kakek-kakek dan nenek-nenek.

Seperti siuman dari tidur yang amat panjang, begitu terbangun semua sudah berubah! Semua dipaksa tua oleh putaran waktu. Bagaimana dengan ashabul kahfi yang tertidur ratusan tahun ?

FaceApl booming, namun tak luput dari tanggapan miring, mulai dari isu kemungkinan penyalahgunaan data hingga tudingan transfer data untuk kepentingan spionase Rusia.

Pengguna aplikasi sosial media memang acap mengabaikan klausul dalam 'term and condition' sebuah layanan. Tak sabar menjajal maunya main tekan tombol 'aggree' saja.

Beberapa teman berkomentar, "Senat Amerika mah selalu paranoid sama musuh-musuhnya". Bila dunia intelejen benar-benar seperti cerita dalam film-film detektif , kekhawatiran Amerika cukup beralasan, meskipun CEO FaceApp sudah menampik tudingan miring itu.

Menjadi tua itu pasti, meski tanpa aplikasi FaceApp !

Suatu saat nanti -- tanpa aplikasi, foto profil kita di media sosial benar-benar menjadi tua____".

Sepuluh atau dua puluh tahun mendatang saat kita benar-benar menjadi tua dan lini masa sosial media kita sudah mencatat sekian ratus hingga ribu peristiwa, ungkapan perasaan dan curahan pemikiran kita. Semakin lama bersosial media, jejak digital dan deret kronologi kian bertambah.

Suatu ketika, saat wajah kita benar-benar menjadi tua tanpa apliaksi FaceApp, jangan merasa facebook, instagram dan twitter kita aman dari daftar 'pitakon malaikat' kelak di akhirat.

Hitung berapa kali kita membuat status umpatan? berapa kali kita mengunggah foto untuk pamer kekayaan? berapa kali kita mengumbar aurat rumah tangga dengan curhatan liar di sosial media?

Berapa kali kita membuat status humor jorok dan olok-olok? berapa kali kita menjual barang dengan cara tak halal? dan sudah berapa kali kita menggoda perempuan melalui candaan nakal?
...

Bila wajah kita sudah sungguh-sungguh menua tanpa aplikasi, cobalah sign out dari sosial media dan perhatikan lini waktu kehidupan kita :

Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati dengan kesabaran." ( QS Al 'Ashr ) ______
---- Maha benar Allah, dengan segala firmanNya.

Belum ada Komentar untuk "Tanpa Aplikasi, Menua Itu Pasti - Semoga Kita Tidak Merugi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel