Mudah Menulis Berita Dengan Rumus 5W + 1H

Siapa bilang menulis berita itu sulit? Dengan rumus 5W + 1H menulis berita jadi mudah.

Banyak yang mengira bahwa, menulis berita hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang berbakat menulis atau wartawan profesional. Menurut saya menulis itu sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya butuh mengetahui beberapa hal -- tidak banyak, terkait penulisan.

Bagaimana cara memulai membuat tulisan ? Sebelum menulis ada dua hal perlu diperhatikan. Pertama, menentukan persoalan apa yang mau ditulis alias ide tulisan. Kedua, harus tahu untuk siapa tulisan itu dibuat.

Untuk membuat suatu tulisan reportase, hal yang wajib diperhatikan adalah konsep 5W + 1H yaitu Who, What, Where, When, Why, dan How.

Berikut penjelasan 5W + 1H:

WHAT (APA)
What - Apa yang dilakukan? Apa yang dilakukan seseorang/lembaga? Kejadian apa? Apa yang dikatakan? Ini adalah unsur yang cukup dominan dalam menentukan isi berita.

What adalah apa yang akan ditulis, tentu hal itu terkait dengan Objek yang menjadi bahan dari tulisan. Tema apa yang ingin anda sampaikan dalam tulisan, dan perihal apa yang ingin dituangkan dalam tulisan. What ini bisa merupakan topik apa saja yang menjadi Trending Topic saat ini. WHAT yang telah anda tentukan akan menjadi dasar untuk 4 W lainnya.
...

WHO (SIAPA)
Who - Pelaku subjek. Siapa yang melakukan? Siapa yang mengadakan? Siapa yang terlibat? Unsur ini biasanya berupa nama orang atau lembaga.

Selanjutnya Who adalah siapa tokoh utama di What. Dalam hal ini, Who bisa lebih dari satu orang untuk dijabarkan dalam tulisan anda. Who harus menjadi bagian yang terkait dengan What. Jika Who tidak dikenal pembaca, maka anda harus mengupasnya dengan baik sehingga jelas keterkaitannya dengan What.
...

WHEN (KAPAN)
When - Waktu. Kapan peristiwa itu terjadi? Hari apa? Tanggal berapa? Bulan apa? Siang atau malam? Pukul berapa?

When adalah waktu kejadian What. Ini yang sering diabaikan oleh banyak Penulis Reportase. Kapan kejadiannya akan memberi tambahan informasi kepada pembaca.
...

WHERE (DI MANA)
Where - Tempat. Di mana diadakannya? Di mana terjadinya? Di mana lokasinya? Di mana seseorang membuat pernyataan?

Meskipun kelihatannya sepele, tempat kejadian ini punya makna yang kuat dalam tulisan anda. konsep Why adalah mengapa terjadi What. Ini bisa dikupas dari berbagai sudut termasuk opini anda.
...

WHY (KENAPA)
Why - Mengapa peristiwa itu terjadi? Apa penyebabnya? Apa tujuannya? Kenapa suatu acara diadakan? Kenapa seseorang mengucapkan pernyataan itu?

Why adalah mengapa terjadi What. Ini bisa dikupas dari berbagai sudut termasuk opini anda. How adalah bagaimana What terjadi, bagaimana prosesnya, liku-likunya, dan sebagainya.
...


HOW (BAGAIMANA)
How - Detail peristiwa. Bagaimana ceritanya? Bagaimana kejadiannya? Bagaimana prosesnya? Ada apa saja?

How adalah bagaimana What terjadi, bagaimana prosesnya, liku-likunya, dan sebagainya. HOW merupakan unsur penting agar terbentuk sebuah cerita. Peristiwa tanpa cerita (kronologi) akan terasa hambar. Ini adalah rincian dari sebuah berita yang bersifat melengkapi unsur-unsur sebelumnya. Bisa pula dijadikan alat untuk menjahit berita agar lebih mengalir dan dalam.


***


Konsep 5 W + 1 H ini bukan hanya untuk menulis Reportase, bahkan opini, diskusi dan perdebatan atas suatu tulisan, rumus ini amat penting untuk menghindari kesalahpahaman dan kekuranglengkapan informasi.

Bila Anda  ingin menulis dan mendapatkan respon pembaca, ada satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya dari rumus 5W+1H, yakni gaya bahasa penulisan. Menulislah dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti pembaca. 

Selamat menulis !

Belum ada Komentar untuk "Mudah Menulis Berita Dengan Rumus 5W + 1H"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel